Babinsa Berikan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Dalam Meningkatkan Jiwa Nasionalisme



Madiun, Untuk menghadapi berbagai ancaman dan tantangan globalisasi, diperlukan wawasan kebangsaan dalam memperkuat semangat nasionalisme melalui pendidikan Bela Negara. Beberapa bentuk pendidikan Bela Negara di dalam pendidikan adalah melalui Pramuka, Pecinta Alam, dll untuk membiasakan diri belajar disiplin.

Bela Negara akan kelihatan berarti, apabila setiap pemuda sadar bahwa masa depan Negara ada ditangannya. Tentunya pemuda tidak boleh bersikap masa bodoh dan pesimis, tetapi harus optimis dan terpanggil hatinya untuk ikut peduli dan mengatasi tantangan bangsa.

Seperti halnya yang dilakukan anggota Koramil 0803/09 Saradan Peltu Eko Susilo Babinsa Desa Sumbersari Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun dengan semangat memberikan Wawasan kebangsaan tentang Bela Negara kepada Siswa – siswi SMPN 3 Saradan Kabupaten Madiun, minggu(11/03).

Peltu Eko Susilo menyampaikan “Upaya Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga Negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Bela Negara bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI dan Polri semata, tetapi merupakan tugas segenap WNI, sesuai kemampuan dan profesinya dalam kehidupan”,terangnya.

Ditempat terpisah Danramil 0803/09 Saradan Kapten Inf Santosa mengatakan “Pendidikan kesadaran Bela Negara bertujuan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Bela Negara kepada setiap warga Negara, demi terwujudnya kesadaran Bela Negara yang dapat mendukung sistem pertahanan dan keamanan Negara yang bersifat semesta” tegasnya.(mc0803)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.