Bangun Soliditas Lewat Program Perlindungan dan Ketahanan




KEDIRI. Dalam rangka meningkatkan soliditas Babinsa, Babinkamtibmas, perangkat desa dan Linmas, serta agenda khusus Pilkada serentak mendatang, Kecamatan Kandat bersama Koramil 09/Kandat dan Polsek Kandat mengadakan Sosialisasi program perlindungan dan ketahanan di balai desa Ringinsari Kecamatan Kandat malam ini. Sebagai pembicara utama, dalam sosialisasi ini Danramil Kandat Kapten Inf Sunarjo bersama Kapolsek Kandat AKP Ketut W. dan Camat Kandat Puji Hermono. Sosialisasi ini diikuti seluruh Kepala Desa dan perwakilan Linmas se-Kecamatan Kandat, jumat (09/03/2018)

Dalam kesempatan bicaranya, Puji Hermono menyampaikan rencana Pilkada serentak yang akan melibatkan unsur Linmas, dalam hal ini Linmas menjadi bagian terpenting dalam pengamanan dan penertiban di TPS maupun pengawasan kotak suara dari TPS menuju PPS. Secara spesifik, pihaknya mengakui masih perlu regenerasi di tubuh Linmas, karena sebagian usia mereka diatas 50an tahun dan usia sekitar 30an tahun bisa dihitung jari. Tetapi pihaknya tetap optimis, dalam Pikada serentak mendatang ,seluruh desa-desa di Kecamatan Kandat akan kondusif.

Demikian juga, AKP Ketut W. menghimbau kesadaran seluruh perangkat desa untuk selalu aktif dalam berkomunikasi, khususnya via SMS atau Whatsapp. Pihaknya dengan terbuka menerima segala informasi terkait kondisi yang ada di desa-desa. Disamping itu, dalam setiap desa ada Babinsa dan Babinkamtibmas, untuk itulah perlu komunikasi yang instant dalam menanggapi segala sesuatu yang ada di desa.

Sementara itu, Kapten Inf Sunarjo berharap poskamling yang ada di desa-desa agar aktif, karena keberadaan poskamling yang aktif akan berdampak positif bagi keamanan di lingkungan masyarakat. Selain itu, peran perangkat desa diharapkan bisa menjadi penetralisir segala kejadian yang menjurus pada perkelahian antar kampong atau perselisihan antar pemuda.


“Poskamling kalau ada orangnya, maling ,rampok atau lainya yang ingin bertindak kejahatan, pasti akan berpikir. Untuk itulah poskamling harus ada orangnya, entah itu 2 atau 3 atau lebih. Kalau ada hal-hal yang sifatnya perselisihan atau menjurus pada perkelahian, harus segera dinetralisir dengan mendamaikan pihak yang bermusuhan, disini peran perangkat desa bisa untuk menentramkan suasana,” jelas Kapten Inf Sunarjo.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.