Berantas Narkoba di Pedesaan Bersama Karang Taruna dan BNN



KEDIRI. Sosialisasi bahaya narkoba diadakan hari ini di balai Desa Pagung Kecamatan Semen dan kegiatan ini diikuti pengurus Karang Taruna se-Kecamatan Semen. Disamping itu, sosialisasi ini juga dihadiri Camat Semen Sujiwo, Bati Tuud Koramil Semen Pelda M.Junaidi, Babinsa dan Babinkamtibmas Pagung, kamis (08/03/2018)

Dalam sosialisasi ini, Heru Purnomo dari BNN Kediri menjelaskan, efek dari narkoba bisa mengakibatkan seseorang menjadi berhalusinasi dengan melihat suatu benda yang sebenarnya tidak ada bila dikonsumsi dalam sekian dosis tertentu. Selain itu, menurutnya,  efek dari narkoba juga bisa mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak lebih cepat dari biasanya sehingga mengakibatkan penggunanya lebih bertenaga serta cenderung membuatnya lebih senang dan gembira untuk sementara waktu.

“Jika terlalu lama dan sudah ketergantungan narkoba maka lambat laun organ dalam tubuh akan rusak dan jika sudah melebihi takaran maka pengguna itu akan overdosis dan akhirnya mengakibatkan kematian,” jelas Heru Purnomo.

Sementara itu ,Hartatik dari BNN Kediri menjelaskan, bahwa bagi pecandu, bahaya narkoba tidak hanya merugikan masalah fisik saja tetapi akan mengalami gangguan mental dan kejiwaan.

“Sebenarnya narkoba ini merupakan senyawa-senyawa psikotropika yang biasa digunakan dokter atau rumah sakit untuk membius pasien yang mau dioperasi atau sebagai obat untuk penyakit tertentu, tetapi persepsi tersebut disalah artikan akibat penggunaan di luar fungsinya dan dengan dosis yang di luar ketentuan,” terang Hartatik.

Lanjutnya ,pemakai yang sudah berada pada tahap kecanduan akan melakukan berbagai cara untuk bisa mendapatkan narkoba kembali. Misalnya, pelajar bisa menggunakan uang sekolahnya untuk membeli narkoba jika sudah tidak mempunyai persediaan uang. Bahkan, mereka bisa mencuri uang dari orangtua, teman, atau tetangga. Hal tersebut tentu akan mengganggu stabilitas sosial.


Session tanya jawab juga diberikan pada sosialisasi ini. Jumlah penanya dibatasi hanya 10 orang saja dan durasi setiap pertanyaan dibatasi hanya 2 menit. Untuk jawaban, akan disampaikan kepada berkompeten dari pertanyaan itu sendiri.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.