Danramil Hadir Dalam Rakor Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan Perluasan Areal Tanam Kedelai Di Wilayah Divisi Regional Jatim Tahun 2017



Madiun, Bertempat di Perum Perhutani KPH Madiun Jl Rimba Mulya Kelurahan Kartoharjo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun telah dilaksanakan kegiatan Rakor Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan Perluasan Areal Tanam (PAT) Kedelai Tahun 2017 Di Wilayah Divisi Regional Jatim dengan diikuti sekitar 25 orang, Kamis (08/02/2018).

Dalam kegiatan tersebut Kadiv Pengelolaan dan Perlindungan Hutan Divre Jatim Bp Imam memaparkan “Bahwa program penanaman kedelai harus diperluas dan harus dikerjakan dengan serius karena program penanganan kedelai ini adalah mencakup dari kesuksesan keberhasilan program pangan”.

“Perhutani merupakan salah satu mitra pemerintah didalam program penanganan tanam kedelai disamping Kodim 0803/Madiun (untuk wilayah Madiun), dan tentunya dalam rapat ini untuk menemukan titik temu dan evaluasi dalam kaitan klarifikasi data dan coaching clinic (pelatihan secara singkat) terhadap para Asper yang telah hadir disni”,terangnya.

“Dibeberapa tempat dari jalur distribusinya ternyata terhambat dan masa tanam berakhir pada 31 Maret 2018. Sejauh ini perkembangan penanaman kedelai di wilayah Jatim terbaik, proses tanam hingga panen adalah di Banyuwangi dengan hasil panen mencapai 2,6 ton”,imbuhnya.

Lebih lanjut Dirjen Umbi dan Kacang Kementerian Pertanian RI Ibu Wanda Christina menyampaikan “Bahwa dari proses pengiriman benih terhambat, dan saya kira keterlambatan ini berkaitan dengan minimnya komunikasi”.

“Penugasan pengawalan PAT kedelai ini ditetapkan oleh Kementan terhadap para pejabat Danrem di masing-masing wilayah di seluruh NKRI. Sehingga diharapkan pada para Asper yang membawahi wilayah tersebut selalu berkoordnasi dengan Danrem 081/DSJ beserta Satuan jajarannya”tegasnya.

“Jangan sampai terjadi penumpukan dari stok benih kedelai karena hal tersebut sangat merugikan para petani serta para pemilik usaha tempe yang selama ini pernah menyampaikan kepada saya tentang hal ini”, pungkasnya.

Nampak hadir dalam Rapat Koordinasi ini Dirjen Umbi dan Kacang Kementrian Pertanian RI Ibu Wanda Christina, Kadiv Pengelolaan dan Perlindungan Hutan Divre Jatim Bp Imam, Danramil 0803/02 Madiun/Nglames Kapten Chb Supriyanto(mewakili Dandim 0803), Pasi Ter Kodim 0802/Ponorogo Lettu Inf Bambang, Para perwakilan Asper dari masing-masing sentra penanaman kedelai di wilayah Madiun dan Ponorogo.(mc0803)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.