Diklat Pemuda Ansor, Bati Wanwil Koramil 0803/06 Gemarang Berikan Wasbang


Madiun, Bintara Tinggi Perlawanan Wilayah (Bati Wanwil)  Koramil 0803/06 Gemarang Pelda Wagito memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) pada pelatihan Kepemimpinan Gerakan Pemuda (GP) Ansor se-Kecamatan Gemarang yang bertempat di balai Desa Sebayi Kec. Gemarang Kab.  Madiun yang diikuti oleh sekitar 70 orang pemuda/pemudi peserta Diklat. Sabtu (24/03)

Pada pembekalan tersebut, Bati Wanwil Pelda wagito memaparkan materi wasbang dengan tema, Peran Pemuda Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Dalam Menghadapi Proxy War.

Dijelaskan oleh Pelda Wagito,  bahwa proxy war atau perang dalam semua aspek berbangsa dan bernegara. “Tidak diketahui siapa lawan siapa kawan, Dalam proxy war, lanjut Pelda Wagito, pihak lawan tidak langsung berkonfrontasi melainkan memanfaatkan pihak ketiga, bisa negara atau bukan negara. “Tujuannya jelas yakni untuk menguasai bahkan menghancurkan negara sasaran dari berbagai aspek meliputi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan Hankam,”

"Peredaran Narkoba yang menyerang generasi muda merupakan salah satu indikator adanya proxy war, Ini penghancuran moral generasi muda. Moral merupakan kekuatan non fisik dalam sistem pertahanan negara disamping kekuatan fisik,” pungkas Pelda Wagito.

Dalam Kesempatan berbeda, saat diwawancarai, Danramil 0803/06 Gemarang mengatakan, "Kita semua anak bangsa, terlebih para pemuda punya tanggung jawab besar untuk membentengi negara ini dari berbagai ancaman demi menjaga agar NKRI tetap utuh dan jaya, jadi sangat penting diadakannya kegiatan diklat dan diisi dengan Wawasan Kebangsaan guna menanamkan akhlak yang kuat dan rasa cinta tanah air,” jelas Danramil. (mc0803)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.