Tingkatkan Kemampuan Babinsa, Kodim 0803/Madiun Gelar Latnister


Madiun, Babinsa memiliki tugas kewilayahan yang sangat luas dan sebagai ujung tombak teritorial sehingga setiap Babinsa harus mempunyai kemampuan dan kecakapan dalam berkomunikasi sosial dengan lingkungan masyarakat di wilayahnya masing - masing guna memupuk kebersamaan dan kepercayaan masyarakat kepada Babinsa.

Bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit satuan kewilayahan terutama para Babinsanya, Kodim 0803/Madiun menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun anggaran 2018 mulai tanggal 12 s.d. 16 Maret 2018 yang dipusatkan di Makodim 0803/Madiun Jl.Pahlawan No.25 Madiun dan diikuti sedikitnya 190 orang Babinsa dari masing - masing Koramil jajaran Kodim 0803/Madiun. Senin (12/03)

Adapun materi yang dilatihkan yakni pengetahuan Lima kemampuan teritorial yang harus dimiliki secara perorangan antara lain kemampuan memperoleh informasi dan melaporkan dengan cepat kepada pimpinan, kemampuan berkomunikasi dengan Masyarakat sekitar, kemampuan mendata geografi, demografi dan kondisi sosial yang terkait dengan pertahanan negara, kemampuan menigkatkan kesadaran bela negara bagi masyarakat sekitar dan kemampuan penguasaan medan disekitarnya.

Kasdim 0803/Madiun Mayor Arm Mulyadi mewakili Dandim 0803/Madiun dalam sambutannya menyampaikan, “Tentara senantiasa harus dilatih dan diasah kemampuannya untuk memelihara dan meningkatkan tingkat kecakapan tehnis Keprajuritan dan ketajaman naluri, sebagai bekal agar setiap tugas yang dibebankan mampu diemban dengan lancar aman dan berhasil,”


“Latnister adalah salah satu bentuk latihan tingkat perorangan hingga satuan dari rangkaian program latihan yang bertahap, bertingkat dan berlanjut guna memelihara dan meningkatkan kemampuan dan ketajaman para prajurit satuan kewilayahan lebih khusus Para Babinsa sebagai ujang tombak satuan kewilayah, diharapkan  selalu siap dan mampu menghadapi setiap tantangan tugas yang semakin komplek ditengah masyarakat,” pungkas Kasdim.

Pada Latihan Teknis Teritorial ini, para Babinsa jajaran Koramil Kodim 0803/Madiun menerima materi berupa teori yang dilanjutkan dengan aplikasi secara langsung melalui praktek teori yang di dapat di dalam Aula Makodim 0803/Madiun. Hal ini dimaksudkan agar para prajurit dapat dan mampu menerima teori sekaligus mempraktekkannya.(mc0803)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.