Tingkatkan Strata Ekonomi Melalui Bumdes



KEDIRI. RMAD (Rapat Musyaawarah Antar Desa) diadakan sore ini di balai Kecamatan Kandangan dan acara ini diikuti Camat Kandangan Sunar Utomo, Danramil Kandangan Kapten Czi Kustoyo dan Kapolsek Kandangan AKP Eka Purnama serta Mamik Haryanti selaku Ketua BKAD Kecamatan Kandangan, rabu (07/03/2018)

RMAD yang juga diikuti seluruh Kepala Desa, Ketua Bumdes dan perwakilan anggota Bumdes se-Kecamatan Kandangan ini, membahas langkah kedepan meningkatkan kondisi ekonomi di desa masing-masing, khususnya berkaitan dengan pemaksimalan usaha.

Menurut Mamik Haryanti ,terdapat empat tujuan utama pendirian Bumdes, yaitu meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengolahan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerantaan ekonomi pedesaan. Pendirian dan pengelolaan Bumdes adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparansi, akuntabel, dan sustainable.

“Bumdes yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa,” terangnya.  

Sunar Utomo menambahkan ,”Sebagai salah satu lembaga ekonomi yang beroperasi dipedesaan, Bumdes harus memiliki perbedaaan dengan lembaga ekonomi pada umumnya. Hal ini agar keberadaaan dan kinerja Bumdes mampu Memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan warga desa.”

Lanjutnya ,dari hasil usahanya, keuntungan Usaha Bumdes berupa SHU menjadi pendapatan bagi pendapatan asli desa dan digunakan untuk kesejahteraan SHU dalam koperasi dibagikan untuk kesejahteraan anggota koperasi.


Sesion tanya jawab juga disediakan dalam acara ini, setiap penanya hanya dibatasi 1,5 menit waktu bertanya dan waktu hanya disediakan 5 orang penanya. Setiap jawaban akan dilimpahkan kepada yang berkompeten, dalam hal ini Camat atau BKAD.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.