Wujud Toleransi Upacara Keagamaan Di Jombang Berjalan Tertib


Jombang. Ratusan warga bergama Hindu, menggelar pawai Ogoh-ogoh di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (16/3/2018) siang. Tak kalah serunya, ratusan warga umat Hindu yang merayakan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka) terlihat memadati pawai ogoh-ogoh yang digelar di desa setempat. Dari pantauan di lokasi, tampak puluhan ogoh-ogoh dari bermacam bentuk, diangkat puluan warga mengelilingi jalanan kampung.
Beberapa komunitas dari agama lain ikut juga membantu aparat mengamankan kegiatan tersebut, dan juga mengatur arus lalu lintas. Komunitas agama lain, dan aparat kepolisian maupun dari personil koramil 0814/17 wonosalam terlihat saling membaur. Mereka terus berjaga hingga pelaksanaan acara usai.
Kepala Desa Galengdowo, Wartomo mengatakan, pawai Ogoh-ogoh merupakan acara tahunan yang dilakukan warganya yang berkeyakinan agama Hindu untuk merayakan perayaan Hari Raya Nyepi.
Ini merupakan bagian dari aneka ragam warga kami dalam melaksanakan perayaan keyakinan masing-masing. Dan ini merupakan salah satu aset desa yang harus terus dilakukan sebagai bentuk peningkatan obyek wisata dengan banyaknya event-event,” ujarnya.
Hingga saat ini, event tahunan tersebut banyak menyedot wisatawan lokal maupun luar daerah. Tak jarang, sejumlah umat Hindu di wilayah lain juga ikut meramaikan adanya pawai Ogoh-ogoh yang digelar di desa setempat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.