Wujudkan Desa Yang Aman, Babinsa Melaksanakan Komsos Bersama Komponen Masyarakat


Madiun, Komunikasi sosial adalah suatu hubungan yang dilaksanakan antara individu dengan kelompok atau antar kelompok dalam mencapai satu tujuan yang ingin dicapai bersama (interaksi).  Melalui komunikasi sosial akan menumbuh kembangkan sekaligus sebagai wahana untuk mengaktualisasi masalah-masalah yang ada.

Salah satu tujuan komunikasi sosial adalah terbentuknya suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai lama dan baru dimasyarakat sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran bermasyarakat, sehingga berperan sebagai penunjang pelaksanaan program-program pembangunan lain, dalam rangka menciptakan perubahan pada suatu sistem sosial yakni perubahan sosial yang aman.

Komunikasi Sosial (Komsos) adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh Prajurit TNI AD yang berdinas di satuan komando kewilayahan dalam rangka pembinaan teritorial terhadap masyarakat di wilayah binaannya dengan melaksanakan kemampuan komunikasi sosial.

Seperti halnya yang dilakukan anggota  Koramil 0803/12 Dolopo Kodim 0803/Madiun Babinsa Desa Doho Serda Kemis Riyanto bersama  Bhabinkamtibmas Desa Doho melaksanakan kegiatan Komsos dengan Kepala Desa Doho dan Tokoh Masyarakat Desa Doho bertempat di Rumah Ibu Misatun RT 03 RW 01 Dusun Krajan Desa Doho Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun dalam rangka membahas tentang tamu yang tidak lapor ke RT selama 1×24 jam, jumat (02/03).


Dalam komsos Babinsa juga menyampaikan tentang situasi dan kondisi wilayah, tentunya setiap informasi dan perkembangan Babinsa selalu mengadakan kordinasi dengan Kepala Desa dan perangkat yang lainnya. Bila ada informasi yang berkembang di wilayah harus segera disampiakan agar kita cepat untuk mendeteksi. Babinkamtibmas juga menyampaikan untuk selalu rutin melaksanakan siskamling agar Desa Doho selalu aman.(mc0803)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.