Kepala Staf Kodim 0804 Hadiri Forum Diskusi dalam rangka Cegah Pererdaran Miras


Magetan, Pada hari Senin tanggal 30 April 2018 pkl 08.30 wib s.d 11.15 Wib bertempat di Gedung Pesat Gatra Polres Magetan telah di laksanakan kegiatan  "DISKUSI TIGA PILAR KAB MAGETAN SIAP BERANTAS MINUMAN KERAS" dalam kegiatan ini di pimpin oleh Kapolres Magetan AKBP Muslimin SIK dan di ikuti sekitar 350 orang.

Dengan marak nya korban yang semakin banyak akibat Minuman Keras oplosan tersebut Polres Magetan melaksanakan kegiatan forum diskusi Tiga Pilar dalam rangka siap berantas minuman keras, Senin (30/04).
Bertempat di gedung Pesat Gatra Polres Magetan kegiatan tersebut di laksanakan dengan mengundang Bupati Magetan yang di wakilkan oleh Sekda Kabupaten Magetan, Dandim 0804 Magetan yang di wakilkan oleh Kasdim Kabupaten Magetan, Ketua MUI Kabupaten Magetan, Para Kabag, Kasat, dan Kapolsek jajaran Polres Magetan, Anggota Polres Magetan, TNI AD Camat serta Satpol PP Kabupaten Magetan.

Kapolres Magetan AKBP Muslimin, S.I.K., mengatkan dalam sambutanya “Pada pertemuan kali ini akan kita bahas tentang miras karena akhir Akhir ini miras oplosan mengakibatkan orang meninggal khususnya di daerah Jawa Timur, Saya harap dengan kehadiran tiga pilar, kita upayakan berantas Miras di wilayah Kabupaten Magetan, meskipun magetan bukan daerah Produksi Miras yang terkenal produksi miras itu adalah Bekonang (Jepara). Namun kita juga harus waspada dengan wilayah magetan yang banyak Miras dan Oplosan yang menyebar, Saya berharap bukan hanya Miras tapi judi juga, kita berantas dengan cara yang humanis” Kapolres berharap dengan berkumpulnya tiga pilar di seluruh Kab Magetan mari kita berantas peredaran miras ilegal atau oplosan yang sudah menimbulkan jiwa.  Penekanan kami Babinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa bergandeng tangan bersama sama menangani masalah miras ilegal atau oplosan di kab magetan, laporkan apabila ada warga yang berjualan miras oplosan sebelum ada korban di wilayah Kabupaten Magetan.  Yang lebih penting lakukan pendekatan sosialisasikan  Kegiatan ini untuk memberikan pengertian mengenai bahaya miras hingga tingkat masyarakat di desa hingga rukun tetangga (RT) maupun rukun warga (RW), agar dalam pemberantasan miras ilegal atau oplosan bagi orang tua juga bertanggung jawab terhadap pengawasan terhadap anak anaknya.sehingga secara perlahan lahan peredaran miras ilegal atau oplosan di wilayah kabupaten magetan bisa segera di berantas. katanya.
Kapolres juga menegaskan bahwa peredaran miras di Kabupaten Magetan harus benar benar di berantas agar tidak menimbulka korban jiwa seperti di daerah lain.
Dengan adanya kerjasama antara tiga pilar ini dapat menciptakan wilayah Magetan yang aman dan kondusif, bebas dari Miras Oplosan apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan puasa dan hari raya Idul Fitri, maka perlu adanya razia untuk mencegah peredaran Miras.
Bupati Magetan yang di wakili Sekdakab Drs H Bambang Trianto MM  menyampaikan  Menurut peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 74 tahun 2013 tentang pengendalian dan pengawasan minuman ilegal atau oplosan.  Perlu di ketahui sudah banyak korban akibat mengkonsumsi miras ilegal atau oplosan sedikitnya 307 korban keracunan dan 45 orang meninggal dunia, korban di Surabaya Jumat 20 s/d 25 april 2018. Setelah meminum  minuman keras atau oplosan sebnyak 15 orang.  Kita sebagai penegak hukum, aparat pemerintah harus peduli dengan maraknya mimuman ilegal atau oplosan karena berdampak menimbulkan kriminalitas dan kejahatan  asusila.  Kepolisian RI akan menerapkan pasal 204 kitab undang  undang hukum pidana tentang pembuatan  yang mengancam nyawa orang.

Dandim 0804/Mgt di wakili Kasdim 0804/Mgt Mayor Inf Muji Wahono dalam sambutannya menyampaikan  Kami sampaikan kepada Komandan Kodim 0804/Mgt tidak bisa hadir dalam diskusi tiga pilar ini karena ada sesuatu pekerjaan atau dinas yang tidak bisa di tinggalkan.  Kami dari Kodim 0804/Mgt  siap membantu Polri untuk  memberantas minuman ilegal atau oplosan, dengan maraknya peredaran minuman oplosan kami dari kodim sangat mendukung kegiatan tsbt dan selalu siap setiap saat melaksanakan  pengawasan di tempat tempat hiburan demi menjaga wilayah kab magetan yang kundusif terbebas dari minuman oplosan.  Kami menghimbau kepada para babinsa babinkamtibmas bersikap pro aktif dalam memantau wilayahnya, lihat awasi dan laporkan apabila ada idikasi peredaran atau penjual miras oplosan dekati dan kasih pengertian agat tidak terjadi korban.

Ketua MUI Magetan KH Akhmad Sofwan  Sangat  mendukung kegiatan ini yang akn di lakukan oleh tiga pilar di Kabupaten Magetan, karena minuman keras sangat bertentangan dengan agama jadi saya yakin bapak bapak yang hadir di tempat ini pasti akan melakukan pemberantasan miras oplosan.  Karena miras sudah melanggar hukum pidana dan hukum agama, dilarang dan tidak boleh di konsumsinya, yang paling akhir semoga di wilayah Magetan terbebas miras oplosan.saya yakin bapak bapak dari Polri TNI bersama pemerintah daerah berusaha keras memberantas peredaran miras oplosan yang akan menghancurkan  generasi muda. (TSR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.