Satgas TMMD Kodim Jombang Ikut Uri-Uri Kebudayaan Leluhur


Jombang. Dibulan bulan tertentu,khususnya bulan-bulan mulia masyarakat di nusantara banyak yang melakukan tradisi yang berbeda-beda dikarenakan perbedaan daerah seperti bersih desa/selamatan desa, ambengan kenduri dan lain sebagainya, adapun intisari dari tradisi-tradisi tersebut adalah sedekahan untuk meminta ridho ALLOH SWT. Supaya dijauhkan dari bencana dan bala, bersih desa/ sedekah bumi niatnya untuk meminta ridho semesta alam dan ingin dihindarkan dari bahaya penyakit, pagebluk dan lain-lain agar desanya selalu diberi keselamatan oleh ALLOH swt.
Sedekah Bumi di sudah biasa terlihat di pulau Jawa seperti di Dusun Mabul Desa Sidokaton Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang merupakan budaya turun temurun masyarakat.  Tradisi tersebut digelar masyarakat setempat pada Jumat 27 April 2017, saat pelaksanaan TMMD 101 Jombang masih berlangsung..
Untuk itu, sebagian anggota Satgas TMMD Kodim 0814 Jombang berkumpul saat digelar  tradisi leluhur tersebut di rumah Bapak Sumari yang merupakan tokoh dusun Mabul..
Bapak Sumari mengatakan, syukuran sedekah bumi selain sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, juga merupakan Uri Uri budaya Jawa atau meneruskan adat leluhur Dusun Mabul dengan tujuan kirim doa kepada leluhur yang telah membuka desa /  tasyakuran dan menghormati sesepuh pinisepuh. “ Kebetulan dengan momen TMMD ini bisa mempererat silahturahmi antara masyarakat dengan TNI,” paparnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.