Babinsa Koramil 0814/11 Sumobito Bantu Pembongkatran Gorong-Gorong


Jombang. Koramil 0814/11 Sumobito bersama warga dusun Plosorejo, pagi ini melakukan kerja bakti rehabilitasi gorong-gorong jalan penghubung dusun Plosorejo desa Brudu dengan desa Plemahan ,Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang, Jumat 4 Mei 2018.
Saat jelang pelaksanaan rehabilitasi gorong-gorong, Babinsa Desa Brudu Sertu Hariyanto menghimbau kesadaran warga yang berdomisili di dusun Plosorejo untuk tidak menguruk saluran gorong-gorong, sedangkan air tidak dapat mengalir karena tersumbat. Disamping itu, dampak dari tersumbatnya gorong-gorong menyebabkan air yang tidak dapat mengalir akan naik keatas dan meluap hingga ke permukaan badan jalan, khususnya di Brudu.
Dengan kerja bakti secara massal yang dilakukan warga desa se-dusun Plosorejo ini dapat memberi gambaran pentingnya kesadaran tentang pentingnya saluran irigasi. Selain itu, dengan lancarnya aliran yang ada di dalam gorong-gorong, mencegah terbentuknya sarang-sarang nyamuk yang kental dengan nuansa sampah atau genangan air yang cukup lama, maupun mencegah terjadinya banjir.
Kasun Plosorejo bapak Sutikno yang turut serta berpartisipasi dan berbaur dengan masyarakat lainnya sangat mengapresiasi dengan dibongkarnya gorong gorong. Banyak yang diambil hikmahnya dari gotong royong, salah satunya mempererat tali silaturahmi yang tadinya jarang bertemu karena aktivitas sehari-hari dengan bergotong royong akhirnya dapat bertemu.
Pembersihan dan pengerukan gorong-gorong tersebut, juga banyak ditemui sampah-sampah seperti gombal (kain), kapuk bekas kasur, dedaunan, plastik dan logam-logam berkarat ada juga yang saluranya mati.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.