Bati Tuud Pelda Sudarto Koramil 0804/03 Panekan hadiri bersih desa di Desa Jabung

PANEKAN – bertempat di kediaman kepala desa Jabung telah dilaksanakan pagelaran wayang kulit dalam rangka tradisi   bersih desa , desa Jabung kec.  Panekan dgn lakon pendowo syukuran. Pada hari senin malam, 7 Mei 2018 Bati tuud Pelda Sudarto menghadiri acara bersih Desa Bertempat di Balai desa Jabung, Panekan, Magetan. Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Maryono menuturkan bahwa tujuan diadakan kegiatan bersih desa atau ruwat desa, adalah untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa pendiri desa Gebang, dan juga sebagai sarana melestarikan Budaya Jawa yang juga budaya bangsa.


Dalam acara bersih desa ini turut hadir juga tamu undangan 1. Forkopimca  panekan. 2. Danramil 03 diwakili oleh bati tuud pld Sudarto. 3. Babinsa desa Jabung pld Purnomo dan Babinkamtibmas Aibtu Henra.  4. kepala desa dan kepala kelurahan sekecamatan Panekan. 5. Kepala desa jabung bpk Suwito beserta perangkat ds jabung. 6. Tokoh masyarakat serta warga masyarakat ds jabung sekitar 500 org.

Kepala desa Jabung Suwito, dalam sambutannya menyampaikan Ucapan terima kasih kepada undangan yang hadir dan Ucapan terima kasih kepada panitia dan seluruh warga masyarakat yang telah mendukung acara Bersih desa, Pada kesempatan ini pula, Kades Jabung juga Mohon doa restu kepada Sesepuh dan masyarakat Desa Jabung agar senantiasa diberikan keselamatan, kesehatan, murah rejeki dan petani mendapatkan hasil yang berlimpah. kegiatan ini merupakan tradisi masyarakat desa jabung yg di laksanakan setiap tahunnya hal ini juga merupakan rasa syukur kepada Allah Swt.  yg selalu memberi Rezki,  serta kesehatan kpd kita semua, sehingga apa yang telah kita dapatkan dapat tertuang di benak kita semua untuk mewujutkan rasa asah, asih dan asuh untuk membina rasa persatuan dan tenggang rasa serta menciptakan kerukunan khususnya di desa Jabung ini dan umumnya Wil Panekan, dengan cara memberikan suguhan pagelaran wayang kulit, sebagai simbul dari kesenian kebudayaan kita semua.


Dalam pelaksanaan kegiatan bersih desa juga mengandung nilai-nilai luhur yaitu nilai kebersamaan, kerukunan, gotong-royong serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan. Dalam bersih desa kali ini seperti biasa di datangkan hiburan wayan kulit semalam suntuk dan campur sari.(MDC0804)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.