Diklatsar Satlinmas Bersama Koramil dan Polsek Ngancar



KEDIRI. Kegiatan pendidikan dan latihan dasar Satuan Pelindung Masyarakat (Sat Linmas) diselanggarakan oleh Koramil 20/Ngancar bekerjasama dengan Polsek Ngancar, dan acara tersebut berlangsung di Balai Desa Manggis Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, kamis (03/05/2018)

Latihan dasar tersebut diselenggarakan karena Satlinmas mempunyai tugas melaksanakan kegiatan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa atau kelurahan.

Prinsip penyelenggaraan tersebut merupakan wujud tanggung jawab dan peran serta segenap warga negara terhadap keselamatan umum masyarakat lingkungannya karena Sat linmas merupakan kekuatan utama dalam upaya perlindungan masyarakat pada saat terjadi bencana, pengungsian, kamtibmas dan sosial kemasyarakatan.

Latihan dasar diikuti ratusan anggota Satlinmas se-Kec. Ngancar dan dihadiri Danramil Ngancar Kapten Czi Martono, Kapolsek Ngancar AKP Hadi Purnomo, Camat Ngancar M. Arif, serta Kabid Satpol PP Kabupaten Kediri Mulyadi.

Dalam sambutannya ,Kapten Czi Martono mengatakan, tujuan diadakannya latihan dasar bagi Sat Linmas Ini karena fungsi dari Satuan Linmas sangat dibutuhkan dilingkungan masyarakat dewasa ini, funsi utama Satuan Linmas membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib dikalangan masyarakat, membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah ,serta menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.


Menurut AKP Hadi Purnomo, Satlinmas dalam keadaan tidak terjadi bencana, dapat diberikan tugas membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban umum, serta kegiatan sosial kemasyarakatan di desa ,termasuk juga ketika pelaksanaan Pilkada

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.