LOKAKARYA MINI LINTAS SEKTOR TRIBULAN PUSKESMAS PARANG

Parang,Koramil 0804/04 Parang Kodim 0804 Magetan Bati Bhakti TNI Serma Kadirun menghadiri rapat lokakarya mini lintas sektor tribulan puskesmas Parang di pendopo Kec.Parang Kab Magetan.07/05/2018.

Bpk Didik dari Dinas kesehatan Kabupaten yang pada intinya rapat lokakarya mini lintas sektor ini dititik beratkan pada masalah juru memantau jentik ( jumantuk) yang pada tgl 15 Mei nanti akan diadakan laucing pembentukan kader jumantik sehingga setelah diadakan laucing nanti akan terbebtuk kader2 jumantik.ungkap Bpk Didik dari dinas kesehatan Kabupaten.


Karena Jumantik sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru di dunia pencegahan demam berdarah dengue. Jumantik singkatan dari Juru Pemantau Jentik, yaitu merupakan anggota masyarakat yang secara sukarela memantau keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di lingkungannya, melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk atau PSN secara rutin, serta meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan masyarakat menghadapi demam berdarah dengue (DBD). Pada tahun-tahun sebelumnya, gerakan jumantik memang sudah diterapkan oleh pemerintah. Penerapan jumantik ini awalnya dilakukan dengan menunjuk sebanyak dua atau tiga orang anggota masyarakat yang berasal dari lingkungan sekitar untuk memantau perkembangan jentik nyamuk di satu kabupaten. Orang yang ditunjuk ini kemudian disebut sebagai kader jumantik. Biasanya mereka diberikan pelatihan terlebih dahulu oleh petugas kesehatan setempat.

Kepala Puskesmas parang Dr Avinie Febriana mengucapkan banyak-banyak trimakasih kepada forkopimca serta bpk kepala Desa se kecamatan parang yang telah mendukung dan bekerjasama selama ini sehingga puskesmas parang dalam pelayanan kepada Masyarakat mendapatkan respon yang baik.( R 04 )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.