Silaturahmi FKUB Dengan Forkopimda Dalam Rangka Menjaga Keharmonisan Dan Kerukunan Umat Beragama Kab. Magetan


Magetan – Kodim 0804/Magetan bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan  Forkopimda Kab. Magetan, menggelar silaturahmi antara umat beragama untuk menjaga keharmonisan dan kerukunan umat beragama di Kab. Magetan. Hal tersebut diungkapkan Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko saat bertatap muka pada silaturahmi FKUB di Makodim 0804/Magetan Jln. Panglima Sudirman No. 42 Magetan. Selasa (15/5/2018).


Meski selama ini, toleransi dan hubungan antaragama melalui silaturahmi antar umat beragama berjalan baik, Dandim 0804/Magetan menegaskan bahwa akan menjembatani untuk terus membangun silaturahmi agar situasi kondusif dan damai tetap terjaga dengan cara menggelar pertemuan dan dialog secara rutin antar umat beragama di Kab. Magetan.

Kegiatan silaturahmi itu sangat sinergis dalam membangun kerukunan hidup berbangsa tentu melindungi kaum minoritas sehingga terjalin  kedamaian dan hidup berdampingan satu sama lain. “tegas Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko”

Pandangan ajaran Islam dalam toleransi kerukunan antar umat beragama sudah dijelaskan dalam Alquran "lakum dinukum waliyadin". Masyarakat Kab. Magetan menerima kebhinekaan tunggal ika dengan perbedaan agama, suku, budaya dan bahasa. "Kami terus melestarikan silaturahmi juga hubungan baik agar perbedaan agama tidak dijadikan sentral perbedaan," kata Bpk. Imam Subakti.

Mereka para penganut agama saling menghargai dan menghormati perbedaan keyakinan itu karena negara memberikan jaminan kepada semua warga negara. Meskipun masyarakatnya sudah plural dengan berbeda-beda keyakinan yang dianut masyarakat, tetapi sehari-hari sangat toleransi.. “imbuhnya”

Sementara itu, Bpk. Cornelius mengajak semua umat untuk mencintai kedamaian, kerukunan serta toleransi antaragama. Ia mengapresiasi kerukunan umat beragama di Kabupaten Magetan yang berjalan dengan baik tanpa perpecahan, melalui wadah FKUB.

Bpk Cornelius mengaku kerap mendatangi rumah-rumah kyai juga menjalin silaturahmi karena semua agama mengajarkan dengan kebaikan dan kedamaian. "Perbuatan kedamaian dan kebaikan juga merupakan ajaran umat Katolik yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat," katanya.

Kegiatan Silaturahmi tersebut diakhiri dengan ikrar komitmen bersama untuk menjaga kerukunan umat beragama “ Kami FKUB dan Forkopimda bertekat menjaga keharmonisan dankerukunan umat beragama di Kab. Magetan”. Hadir dalam silaturahmi tersebut antara lain Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko, Kapolres Magetan Akbp Muslimin, SIK. Ketua DPRD Magetan Karmini S.sos dan FKUB Kab. Magetan. (MDC0804)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.